cover
Contact Name
Frinawaty Lestarina Barus
Contact Email
frinabarus@ymail.com
Phone
+6281376362755
Journal Mail Official
basastra@gmail.com
Editorial Address
Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23015926     EISSN : 2579793X     DOI : https://doi.org/10.24114/bss.v9i2
Core Subject : Education,
Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT EDITORIAL TEAM VISITORS STATISTICS REVIEWER PUBLICATION ETIC JOURNAL HISTORY AUTHOR GUIDELINES Home > About the Journal > Editorial Policies Editorial Policies Focus and Scope Section Policies Open Access Policy ETIKA PUBLIKASI Focus and Scope Jurnal Basastra adalah jurnal yang bergerak dibidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Unversitas Negeri Medan. Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia" : 8 Documents clear
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KINEMASTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 05 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 Eka Indriani; Tangson R. Pangaribuan
Basastra Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i2.19690

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Kinemaster Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIISMP Swasta Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 128 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-A yang berjumlah 32 siswa dan kelas VII-B  yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah two group post test design. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil belajar siswa dalam membuat teks prosedur pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 70, sedangkanteks prosedur pada kelas eksperimen adalah 82.Dari uji data yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Dari data pada kelas kontrol diperoleh Lhitung< Ltabel  (0.15625< 0.158), dan pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung< Ltabel(0.115428013< 0.158). Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari kelompok yang homogen yaitu Fhitung < Ftabel (0.9 < 1.82). Selanjutnya t0 dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk=70, maka diperoleh 1.57. Oleh karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 150>1.57, maka Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa media Kinemaster efektif terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIISMP Swasta Muhammadiyah 05 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DECISION MAKING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWAKELAS VIII MTS AL-ULUM TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 Silvia Nurul Huda; Salmah Naelofaria
Basastra Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i2.19721

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran pengambilan keputusan (decision making) pada siswa kelas VIII MTS Al-Ulum Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini 160 siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 32 siswa kelas VIII MTS MTS Al-Ulum Medan Tahun Pembelajarn 2019/2020. Dalam penelitian ini, subjek terdiri dari satu kelompok yaitu kelas eksperimen. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, kemampuan menulis teks persuasi sebelum menggunakan model pembelajaran pengambilan keputusan (decision making) pada siswa kelas VIII MTS Al-Ulum Tahun Pembelajaran 2019/2020 kurang dengan nilai rata-rata 60. Kemampuan menulis teks persuasi sesudah menggunakan model pembelajaran pengambilan keputusan (decision making) pada siswa kelas VIII MTS Al-Ulum Tahun Pembelajaran 2019/2020 sangat baik dengan nilai rata-rata 85.
INTERTEKSTUAL DALAM NOVEL RAHVAYANA: ADA YANG TIADA KARYA SUJIWO TEJO Fikha Nada Naililhaq
Basastra Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i2.19691

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeksripsikan bentuk intertekstual dalam novel Rahvayana karya Sujiwo Tejo dengan Ramayana karya P. Lal. Kedua karya tersebut dipilih karena mempunyai konsep intertekstual. Intertekstual merupakan kajian tentang perbandingan dua teks yang mempunyai kesamaan, satu karya sebagai karya hipogram dan karya lainnya menjadi karya transformasi. Dari penelitian ini, ditemukan bentuk intertekstual melalui karakter tokoh Rahwana, Sinta, dan Rama. Rahwana dan Sinta merupakan tokoh sentral yang memiliki perbedaan karakter dengan teks hipogramnya. Sementara Rama digambarkan dengan karakter yang sama terhadap teks hipogramnya. Selain itu, juga terdapat kebaruan dalam novel Rahvayana yang berhubungan dengan makna filosofisnya.
EFEKTIVITAS MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 Yandi Johannes Bosko Marbun; Atika Wasilah
Basastra Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i2.19692

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe talking chipsterhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks  siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.Sampel penelitian ini adalah kelas XI-IPA 1 berjumlah 34 dan kelas XI- IPA 2 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Randomized Subject, Posstest Only Control Groub Design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif esai.Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil poss-test (Kontrol) dengan rata-rata = 70 dan standar deviasi = 7.17. Sedangkan hasil posttest (Eksperimen) dengan rata-rata = 80.58 dan standar deviasi = 7.74. Dari uji data kelas kontroldan kelas eksperimen diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Data post-test (Kontrol) diperoleh Lhitung<Ltabel (0.140 < 0.151) dan data post-test (Eksperimen)diperoleh Lhitung<Ltabel (0.137 < 0.151).Sedangkan dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari kelompok yang homogen yaitu < (1.07 < 1.80). Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diperoleh  = 5.81. Selanjutnya  Dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1 = 68-1 = 67 diperoleh taraf signifikan 5%= 2,00.Oleh karena  Yang diperoleh lebih besar dar Yaitu 5.81 > 2,00, maka  Diterima.Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking chips efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI SMA Negeri 7  Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NAINGGOLAN Mariana Siringoringo Siringoringo; Inayah Hanum
Basastra Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i2.19688

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Nainggolan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan didapat kelas VII-1(kelas eksperimen) dan kelas VII-3 (kelas kontrol) sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah kelas masing-masing 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group post test design. Data yang diperoleh menunjukkan hasil belajar menulis teks deskripsi saat menggunakan model pembelajaran Konvensional (kelas kontrol) sebanyak 65,2 berada pada kategori cukup dan saat menggunakan model pembelajaran Learning Cycle (kelas eksperimen) sebanyak 77,18 berada pada kategori baik. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji “t” diperoleh nilai t0 =3,576. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05 dengan df = N-1. df = 32-1 = 31, maka diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,03. Nilai t0>ttabel atau 3,576>2,03. Sehingga, hipotesis nihil (Ho) ditolak  dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan model pembelajaran Learning Cyle efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Nainggolan tahun pembelajaran 2019/2020.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR DAN UNSUR TEKS DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 Nabilah Ananda Rangkuti; Fitriani Lubis
Basastra Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i2.19693

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap mengidentifikasi struktur dan unsur teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 2 Binjai tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Binjai tahun pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah 404 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas XI PMS 6 berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen  dan  penelitian deskriptif dengan tipe tes awal-tes akhir kelompok tunggal (the one group pre-test-post-test). Nilai rata-rata pre-test siswa yaitu sebesar 60,00 dengan kategori kurang dan tidak memenuhi KKM yang ditentukan pihak sekolah yaitu sebesar 75, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa yaitu sebesar 82,77 dengan kategori baik dan telah memenuhi KKM. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung>Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data pre-test adalah (0,159< 0,161), hasil uji normalitas data post-test adalah (0,131< 0,161). Hasil uji homogenitas kemampuan mengidentifikasi struktur dan unsur teks drama adalah Fhitung < Ftabel yakni 3,11<4,17 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 7,87> 2,045, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)  memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi struktur dan unsur teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 2 Binjai tahun pembelajaran 2019/2020.
DEKONSTRUKSI TOKOH DUA ROMAN ANGKATAN BALAI PUSTAKA DALAM NOVEL TRILOGI SOEKRAM (BAB PENGARANG TAK PERNAH MATI) KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO Yayuk Kurniawati; M. Sukri; Nuriadi Nuriadi
Basastra Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i2.19689

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguraikan dekonstruksi tokoh dua roman Angkatan Balai Pustaka, yaitu roman “Siti Nurbaya” dan roman “Salah Asuhan” dalam novel “Trilogi Soekram” khususnya Bab III ‘Pengarang Tak Pernah Mati’ karya Sapardi Djoko Damono. Data penelitian diperoleh melalui metode kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan menerapkan teori dekonstruksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat dekonstruksi tokoh dalam novel “Trilogi Soekram” khususnya Bab III ‘Pengarang Tak Pernah Mati’ karya sapardi Djoko Damono. Tokoh-tokoh yang dihadirkan dalam novel tersebut merupakan dekonstruksin terhadap tokoh-tokoh yang ada dalam dua roman angkatan Balai Pustaka yaitu Siti Nurbaya dan Salah Asuhan seperti Datuk Meringgih, Siti Nurbaya, dan Hanafi. Tokoh-tokoh tersebut didekonstruksi karakternya, bahkan tokoh dari dua roman yang berbeda dipertemukan dalam ‘Pengarang Tak Pernah Mati’. Hal tersebut menunjukkan bahwa sesuai dengan konsep dekonstruksi, makna sebuah teks tidak pernah berdiri sendiri dan tidak pernah mutlak.
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ULEAD VIDEO STUDIO DALAM MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PEMATANG SIANTAR Emi Fitry Yani Sembiring; Diah Eka Sari
Basastra Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v9i2.19694

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektivan media pembelajaran Ulead Video Studio dalam mengidentifikasi informasti teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pematang Siantar.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 8 kelas yang berjumlah 210 siswa.Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-7 yang berjumlah 25 siswa dan kelas VIII-4 yang berjumlah 25 siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen.Desain penelitian yang digunakan ialan two group posttest design. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil posttest kelas kontrol dengan rata-rata = 74,6 dan standar deviasi = 7,95. Sedangkan hasil posttest kelas eksperimen dengan rata-rata = 91,2 dan standar deviasi = 11,7. Dari uji data posttest kelas kontrol dan posttest kelas eksperimen diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Data posttest kelas kontrol diperoleh Lhitung< Ltabel (0.0043< 0.173) dan data posttest kelas eksperimen diperoleh Lhitung< Ltabel (0,1092< 0,173). Sedangkan dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari kelompok homogen yaitu < 1,47< 1,96. setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diperoleh  = 6.62. Selanjutnya  dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf 5% dengan df= 24, maka diperoleh sebesar 2.06. Oleh karena itu  yang diperoleh lebih besar dari  yaitu 6.62>2.06, maka diterima.Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran Ulead Video Studio efektif digunakan terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pematang Siantar.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 1 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 3 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 3 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 3 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra More Issue